Rabu, 06 Juni 2012

APAKAH KAMU SIAP KE LEVEL SELANJUTNYA?


APAKAH KAMU SIAP KE LEVEL SELANJUTNYA?
Nama : Toto Waluyo A.w
Kelas  : X-B
Apabila ada yang pernah bilang, hidupnya tidak terlalu beruntung dibandingkan orang lain, sebaiknya segera tarik kata-kata yang pernah keluar dari mulut itu. Kalau perlu, jilat lagi ludah yang kalau memang sudah diludahkan. Banyak orang merasa hidupnya sedih, sumpek, susah, terlilit utang, kena penyakit berat, dll. Meratap dalam kamar atau menangis tersedu biasanya jadi pilihan utama.

Kawan, jika kamu pernah merasakan masalah berat, berbahagialah. Artinya kamu masih bisa membedakan perasaan senang dan sedih. Dan juga, jika kamu pernah merasa tertekan, bersyukurlah, artinya kamu bisa rasakan tekanan hidupmu itu, kalau terus engkau pendam didalam hati, seperti akan ada batu yang mengganjal tenggorokanmu, sesak. Maka Lepaskanlah. Dan merasalah sekalu bersyukur atas apa yang sudah ada dalam hidupmu yang penuh hikmah.

Mungkin banyak yang tidak mengerti kenapa harus merasa berbahagi ketika tertimpa masalah atau musibah. Aku selalu percaya bahwa hidup ini seperti permainan dalam game, terserah deh mau play station atau apapun. Kalau boleh disederhanakan, kita memulai hidup dari level 1 , layaknya di video game. Tantangannya lebih ringan, ada banyak bantuan yang mudah didapat. Diujung perjalanan kita menghadapi Bos level 1, dan kebanyakan dari kita berhasil mengalahkannya.

Lalu perjalanan berlanjut ke level 2, tertartih, dan memakai pilihan bantuan yang disediakan. Lebih berat dari sebelumnya. Sama juga, kita harus melawan musuh besar diujung permainan , dan jika lolos, kita masuk ke tingkat selanjutnya.

Kawan, yang aku maksud adalah kita belajar dari setiap tantangan dan permasalahan yang dihadapi. Kalau kita berhasil menghadapinya dengan sabar, dan juga tidak putus asa, tantangan itu akan berlalu. Namun kita akan dihadapkan dengan rintangan yang sedikit lebih berat, tapi sikap mentalmu harus pejuang. Keras, tegas, cerdas, sekaligus sabar.

Aku selalu diberi tahu, bahwa kalau kita keras, tegas, cerdas dengan kehidupan sekeliling, maka kehidupan kita akan menjadi lembut, lunak, mudah bagi kita.
* Hidup adalah Anugerah*
Hari ini sebelum engkau berpikir untuk mengucapkan kata-kata kasar -Ingatlah akan seseorang yang tidak bisa berbicara.

Sebelum engkau mengeluh mengenai cita rasa makananmu - Ingatlah akan seseorang yang tidak punya apapun untuk dimakan.

Sebelum engkau mengeluh tentang suami atau isterimu - Ingatlah akan seseorang yang menangis kepada Tuhan meminta pasangan hidup.
Hari ini sebelum engkau mengeluh tentang hidupmu - Ingatlah akan seseorang yang begitu cepat pergi ke surga.
Sebelum engkau mengeluh tentang anak-anakmu - Ingatlah akan seseorang yang begitu mengaharapkan kehadiran seorang anak, tetapi tidak mendapatnya.

Sebelum engkau bertengkar karena rumahmu yang kotor, dan tidak ada yang membersihkan atau menyapu lantai - Ingatlah akan orang gelandangan yang tinggal di jalanan.

Sebelum merengek karena harus menyopir terlalu jauh - Ingatlah akan seseorang yang harus berjalan kaki untuk menempuh jarak yang sama.

Dan ketika engkau lelah dan mengeluh tentang pekerjaanmu - Ingatlah akan para penganguran, orang cacat dan mereka yang menginginkan pekerjaanmu.

Sebelum engkau menuding atau menyalahkan orang lain - Ingatlah bahwa tidak ada seorang pun yang tidak berdosa dan kita harus menghadap pengadilan Tuhan.

Dan ketika beban hidup tampaknya akan menjatuhkanmu - Pasanglah senyuman di wajahmu dan berterima kasihlah pada Alloh karena engkau masih hidup dan ada di dunia ini.

Hidup adalah anugerah, jalanilah, nikmatilah, isilah dengan yang bermanfaat. Dan yang terpenting, syukurilah apa pun itu, Insya Alloh hidup akan berkah.

Saranku untuk kamu yan "Selalu saja ada pilihan dalam hidup. Selalu saja ada skenario-skenario yang harus kita lakoni. Beratnya pilihan dan belum jelasnya masa depan, kerapkali kita berada dalam kepesimisan dan kebimbangan."

Hidup adalah anugerah.
Bernapaslah, berikan waktu untukmu berpikir, tersenyumlah, dan rasakan, bahwa
kau mungkin telah masuk ke level permainan hidup yang lebih tinggi, dan kau siap untuk mengalahkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar